MODEL KEBAYA

Kebaya adalah pakaian tradisional yang dikenakan oleh para wanita Indonesia semenjak ratusan tahun silam. Kebaya biasanya terbuat dari kain atau bahan tipis yang dikenakan dengan sarung, batik, atau pakaian rajutan tradisional lainnya seperti songket dengan motif warna-warni.

Sebelum 1600, di Pulau Jawa, kebaya adalah pakaian yang hanya dikenakan keluarga kerajaan di sana. Selama masa kendali Belanda di pulau itu, wanita-wanita Eropa mulai mengenakan kebaya sebagai pakaian resmi. Selama masa ini, kebaya diubah dari hanya menggunakan barang tenunan mori menggunakan sutera dengan sulaman warna-warni.

Terlepas dari kebaya yang merupakan pakaian tradisional, perancang mode atau perancang busana berupaya dan berlomba-lomba mencari desain pakaian kebaya yang lebih modern. Kebaya modern banyak diburu masyarakat, selain untuk mempertahankan budaya yang telah lama berkembang, kebaya modern ini juga dibuat dengan menyesuaikan tuntutan jaman saat ini. Tidak jarang kebaya-kebaya modern dikenakan dengan pasangan rok atau celana jeans.

Pakaian ini memang tradisional namun memiliki ciri khas yang tidak bisa dilupakan, dan sampai sekarang tidak ketinggalan zaman masih banyak yang memakai kebaya. Oh iya Apa kabar semuanya disini saya kembali lagi dengan info fashion mengenai model kebaya modern 2013 yang diantaranya yang akan saya bahas yaitu tentang model untuk pernikahan, pengantin yang memakai jilbab, akad nikah, kebaya modern untuk remaja, dan bahkan untuk kalian yang akan wisuda. Masyarakat Indonesia pasti tahu, kebaya merupakan salah satu warisan nenek moyang. Dibandingkan dengan baju-baju warisan nenek moyang yang ada di Negara lain, baju kebaya lah yang sangat fleksibel, sehingga model dan warna kebaya dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu kita harus bangga menggenakan baju kebaya. Rasa bangga dan kagum itulah, salah satu cara untuk mempertahankan warisan nenek moyang.

Saat ini banyak desainer-desainer yang merancang baju kebaya yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan juga sesuai dengan keperluan kita ketika mengenakannya. Apabila berbicara mengenai baju kebaya, akan sangat luas. Sebab banyak desainer menciptakan model-model kebaya yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Dengan demikian dalam artikel ini kita akan membahas mengenai berbagai model kebaya modern yang sesuai dengan keperluan ketika mengenakannya.

Walaupun kebaya merupakan warisan nenek moyang, namun kebaya terus mengikuti perkembangan zaman, sehingga tidak terkesan norak atau kolot. Begitu pun dengan kebaya untuk pernikahan di tahun 2013. Sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya model kebaya untuk acara pernikahan terdapat dua model, yaitu model tradisional dan model kebaya perpaduan antara modern dan tradisionai, seperti yang terlihat di gambar. Kebaya dengan model tradisional maupun perpaduan modern dan tradisional, semuanya terlihat anggun dan mewah. Apalagi acara pernikahan merupakan acara besar yang diidam-idamkan oleh semua wanita, dengan menggunakan kebaya ketika acara pernikahan, akan menambah kemewahan acara pernikahan yang dilaksanakan.

Warna kebaya pengantin di tahun 2013 ini lebih menggunakan warna-warna yang natural seperti coklat yang dipadukan dengan warna lainnya. seperti yang ada di gamabar, warna coklat dipadukan dengan warna pink, sehingga terkesan anggun dan lebih muncul sisi feminin.

Tidak hanya wanita yang tidak berjilbab saja yang bisa mengenakan kebaya, wanita berjilbab pun bisa mengenakan kebaya. Karena Kebaya yang memiliki sifat fleksibel, sehingga dapat digunakan oleh seluruh wanita. Begitu pun bagi pengantin yang berjilbab dapat mengenakan kebaya pengantin modern.Kebaya pengantin bagi yang berjilbab tidak kalah mewahnya dengan kebaya yang tidak berjilbab. Karena saat ini sudah banyak desainer-desainer baju pengantin kebaya bagi yang berjilbab.

Perbedaan kebaya pengantin biasa dengan kebaya pengantin yang berjilbab, terlihat dari segi bahan yang digunakan yaitu puring yang tidak terlalu trasparan dan payet yang lebih besar, karena hal tersebut merupakan kriteria untuk kebaya muslim. Selain dilihat dari bahan dan payet, hal yang tak kalah pentingnya ketika menggunakan kebaya muslim yaitu model jilbab yang digunakan, supaya mendukung keanggunan si pemakai, dan pilih lah warna jilabab yang senada dengan warna kebaya yang dipakai.

Akad nikah merupakan, sesuatu yang sakral dan khidmat, dengan demikian baju yang digunakan pun harus mendukung kehidmatan acara akad nikah tersebut. Dengan begitu kebaya yang digukan untuk acara akad nikah, alangkah baiknya lebih tertutup dan tidak terlalu ramai, namun tetap elegan.

Seperti yang terlihat digambar, itu merupakan contoh kebaya ketika acara ijab kabul. Di bagian dada dan leher lebih tertutup. Warna yang digunakan untuk acara ijab kabul, boleh apa saja. Namun sebagian orang ketika acara akad nikah lebih memilih kebaya berwarna putih, karena warna putih melambangkan bersih dan suci.

Saat ini kebaya tidak hanya identik dipadukan dengan batik saja, namun sekarang kebaya juga dapat dipadukan dengan celana jins atau rok. Model kebaya tersebut cocok untuk yang masih remaja, karena kebaya dengan lengan pendek ini akan menimbulkan kesan simpel dan santai. Selain itu kebaya dengan lengan pendek dapat digunakan di acara-acara semi formal maupun nonformal.

Wisuda merupakan salah satu momen bersejarah yang ditunggu-tunggu bagi sebagian orang, setelah berjuang melalui hal yang sulit ketika pembuatan skripsi dan sidang skripsi yang menyita waktu dan pikiran. Untuk merayakan momen yang istimewa tersebut, harus dipersiapkan segalanya, termasuk baju, yaitu kebaya.

Model kebaya untuk wisuda, terdapat banyak pilihan warna dan model, sehingga kita tidak kesulitan untuk memilih kebaya untuk wisuda. Beberapa model kebaya dapat dilihat di gambar. Dikarenakan wisuda merupakan acara formal sehingga model kebaya yang digunakan untuk wisuda yaitu model yang aga tertutup, simple, namun tetap terlihat elegan dan anggun.

Itulah beberapa model kebaya yang dapat disesuaikan dengan keperluan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda untuk memilih model kebaya yang benar-benar diinginkan. Yang perlu kita ingat yaitu, dengan menggunakan kebaya berarti kita ikut serta dalam mempertahankan warisan nenek moyang. Kalau bukan kita siapa lagi?.

Model Kebaya Modern memang sangat marak kita jumpai dikalangan umum tidak hanya orang tua saja yang mengenakannya, bahkan remaja hingga anak-anak juga sangat sering kita jumpai mengenakan kebaya modern. Baju adat kebaya memang merupakan salah satu peninggalan dari nenek moyang kita yang masih sangat populer hingga saat ini. Baju kebaya memang sering kita lihat dikenakan pada saat pesta pernikahan ataupun acara lainnya.

Walaupun kebaya merupakan salah satu peninggalan nenek moyang yang sudah lama dan berkesan tradisional, anda tidak perlu berpikir bahwa kebaya merupakan sandangan yang jadul dan tidak layak pakai dizaman sekarang. Seiring berkembangnya zaman yang semakin canggih, para desainer baju juga merancang model kebaya mengikuti zaman sekarang tanpa harus menghilangkan ciri khas yang ada di kebaya.

Para kaum hawa yang menggunakan kebaya modern juga merasa sangat percaya diri dengan model yang tampak mewah jika dilihat. Dengan kebaya moder yang ada pada saat ini, kebaya menjadi seperti disulap menjadi pakaian artis papan atas dengan pesonanya yang memukau. Dibawah ini akan saya berikan beberapa contoh desain kebaya modern yang barangkali anda berminat untuk membuat kebaya modern untuk digunakan ke acara-acara.

Diatas adalah sebagian design kebaya modern yang tersebar di internet. Bagaimana? keren bukan kebaya saat ini, walaupun tampilannya berbeda dengan versi sebelumnya. Kebaya modern saat ini juga masih tetap ada ciri khasnya tradisionalnya. Selamat melihat model kebaya modern, semoga postingan EraKata.com kali ini bermanfaat untuk anda semuanya.

BUKAN menjadi pekerjaan baru bagi desainer Ferry Sunarto untuk selalu memperkenalkan karya-karya baru. Apalagi koleksi kebayanya khusus diperkenalkan di tingkat dunia.

Itulah kesibukan Ferry Sunarto beberapa waktu lalu. Di mana koleksinya sukses mendapatkan apresiasi di kalangan sosialitas dan figur publik di belahan Eropa saat dia memamerkan karya di Istana Kerajaan Schloss Buckeburg, Jerman.

“Kebayanya menonjolkan ciri khas rumah mode Ferry Sunarto. Saya selalu mengambil garis rancangan dengan inspirasi look kebaya, dalam tampilan yang berkesan ringan, cantik, dan berselera internasional,” jelas Ferry kepada Okezone, belum lama ini.

Pria yang bergabung dengan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) ini berusaha konsisten memperkenalkan kebaya sebagai warisan budaya.

“Bukan hanya dipertahankan, tetapi juga dikembangkan dalam konteks kekinian dan tanpa meninggalkan pakem kebaya, seperti bentuk kerah atau lengan. Tentu saja juga disesuaikan dengan soul kebaya yang khas Ferry Sunarto,” tutup perancang asal Kota Kembang ini.

Kerap mengenakan pakaian wanita, Tata Liem tak merasa malu atau minder. Terlebih, saat ini dirinya lebih sering menggunakan kebaya yang sewajarnya dikenakan oleh kaum hawa.

Sebagai seorang laki-laki, Tata justru bangga mengenakan kebaya. Menurutnya, mengenakan kebaya merupakan salah satu cara melestarikan budaya Indonesia, yakni kebaya bukan sebuah pelanggaran kodrad sebagai laki-laki.

"Biasanya memang wanita yang pakai kebaya. Tapi aku sebagai pria aja berani memakai kebaya untuk dan memperkenalkan ini milik Indonesia. Bukan aku melanggar kodrat ya," lanjutnya.

Namun, untuk kebaya yang dipakainya, Tata mencoba untuk membuat sesuatu yang berbeda. Selain agar terlihat modern, ia ingin kebaya yang dipakainya terlihat lebih maskulin.

"Aku modifikasi dengan daleman alterneck biar terlihat maskulin. Kalau dilihat ini kan kebaya Kartini jaman dulu," tandasnya.

Sedang mencari situs yang menjual kebaya cantik? Mungkin situs KebayaShop.com dapat menjadi pilihan yang tepat.

KebayaShop adalah toko online yang menjual produk kebaya cantik dengan berbagai model, mulai dari klasik hingga modern. KebayaShop menyediakan kebaya pengantin dan kebaya untuk wisuda.

Produk Kebaya diantaranya terbagi menjadi beberapa kategori produk, yakni kebaya pengantin, kebaya wisuda, pagar ayu, bawahan, dan yang lainnya. Selain menjual kebaya untuk orang dewasa, Kebaya juga tersedia untuk ukuran anak-anak.

Produk-produk kebaya biasaya dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Harga tersebut bervariasi tergantung model dan jenis bahan yang digunakan. Namun untuk kebaya yang berkualitas harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Kebaya secara umum didesain dari tampilan yang sederhana hingga tampilan yang agak rumit dan terkesan mewah.

Di antara jenis batik yang ada di Indonesia, batik prada adalah salah satu yang sangat menonjol. Batik jenis ini biasa digunakan untuk acara-acara khusus, berkat dekorasinya yang mengandung unsur utama warna keemasan. Prada sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti emas, atau kilau. Inilah yang kemudian menjadi tema besar Adjie Notonegoro dalam koleksinya yang ia sebut "Pendar Kemilau Indonesia".

Meskipun hadir dan diperagakan dalam pameran pernikahan, koleksi kebaya dan batik ini tidak lantas harus dikenakan sebagai busana pengantin. Walau ada satu dan dua gaun yang memang dibuat khusus untuk koleksi bridal, selebihnya Adjie menampilkan kebaya-kebaya transparan nan sensual (seperti ciri khas rancangannya), serta rok dengan batik prada yang berkilauan.

Kebaya itu memiliki potongan yang melekat pada tubuh sehingga kentara betul lekuknya. Bagian lengan serta dadanya tampak menerawang atau transparan dengan bordiran bunga-bungaan yang meliuk-liuk. Adjie menggunakan warna yang bervariasi dari hitam, merah, pink, beige, hingga putih.

Kebaya itu lalu dipadukan dengan kain batik prada sebagai bawahan. Motif bunga keemasan di atas bahan dasar gelap atau hitam membuatnya menjadi lebih berkesan mewah dan megah, meriah. Kesan antik diperkuat lagi dengan sanggul di rambut yang cukup besar serta bawaan kipas di tangan.

Total ada 14 set yang dirilis Adjie dalam penutupan Grand Wedding Expo yang berlangsung di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (9/6/2013) lalu. Ada delapan busana atau kebaya untuk wanita, dan enam jas untuk pria. Koleksi batik prada yang khas Indonesia kentara melekat pada koleksi wanita, sementara untuk busana pria, justru nuansa modernnya lebih kental.

Jas-jas itu merentang dengan sentuhan kekinian dan pengaruh budaya Eropa di dalamnya, dengan penggunaan dasi kupu-kupu atau pita yang melilit di leher. Jas-jas itu juga didesain sedemikian rupa sehingga tampak lebih berkesan modern.

Celananya juga demikian. Tidak polos begitu saja, tapi diberi aksen di bagian kiri atau kanannya dengan warna berbeda. Sebagai pelengkap, para model pria memakai sepatu warna hitam bersol merah yang menjadi lini busana pria yang dirilis desainer ini beberapa waktu lalu. Maka kompletlah sudah bagaimana busana-busana pria ini dengan sentuhan modern-nya mendampingi tampilan kebaya yang digunakan para wanita.

Di antara koleksi yang ia luncurkan kali ini, ada sepasang yang menjadi andalan Adjie sekaligus menekankan tema kilau yang ingin ia sampaikan, yakni busana pengantin yang berwarna putih serta bawahan batik prada yang berkilauan. Untuk busana pengantin wanitanya, ada kain penutup yang disibakkan oleh pengantin pria, serta hiasan bunga melati di kepala seperti layaknya seorang pengantin.

Tapi bukan Adjie namanya kalau tidak tampil beda. Pada busana pria ia tambahkan dasi warna hitam yang diikat menyerupai pita di jas yang berwarna putih. Sebagai penutup kepala tidak digunakan kopiah atau blangkon, melainkan sorban gaya Pangeran Diponegoro.

Pendar Kemilau Indonesia yang dimaksud ternyata lebih menguatkan pada batik prada yang digunakan Adjie kali ini. Tidak hanya untuk busana pengantin, tetapi juga untuk kebaya biasa. Meski masih memanfaatkan motif antik-kuno, atau sangat tradisional, Adjie membuatnya sensual yang mungkin akan menarik minat anak-anak muda sekarang.

Ini bukan kali pertama Adjie menampilkan koleksinya dalam sebuah pameran pernikahan. Tahun lalu dia juga turut serta dalam Grand Wedding Expo dan menampilkan koleksi gaun pengantin yang kental tradisi maupun yang modern. Kali ini, Adjie menampilkan koleksi kebaya dan batik, serta busana untuk pria yang sedikit berbeda.
MODEL KEBAYA MODERN DAN MODEL BAJU BATIK - Kami menerima pesanan desain kebaya dan batik, baik untuk keperluan resepsi pernikahan maupun acara-acara resmi lain. Tentu saja kami selalu mengacu pada desain dan model terbaru, modern, dan ekslusif. Kepuasan Anda, adalah tujuan utama kami.

MODEL KEBAYA MODERN